12134

Sebelum saya punya tanggungan, penting untung mengetahui apa saja komponen penghasilan saya. Di tempat saya bekerja, payroll dibayarkan langsung ke masing-masing rekening pegawai. Kabar buruknya, rekening pegawai ada di bank yang sudah ditentukan oleh pihak kantor. Jadi saya gabisa milih di mana payroll tersebut akan dibayarkan.

Sudah kita ketahui bahwa kalau menyimpan dana di bank konvensional sudah pasti ada komponen yang bikin hati ga tenang. Yak benar. Komponen bunga. Alternatifnya, saya pernah bikin simpanan di bank syariah. Meski sekarang pun bank dengan label syariah tidak menjamin 100% bebas riba. Dana di bank syariah tersebut pun sekarang sudah kosong. Diskusi hal ini bisa disimak di kajian ustad Erwandi Tarmidzi. Saya tidak akan membahas panjang lebar hal ini. Kajian beliau terutama membahas transaksi-transaksi ekonomi kekinian. Lanjutkan membaca “12134”

Review Sandisk iXpand

Bagaimana memenej beragam files pribadi, kerjaan dan sekolah dengan mudah di berbagai perangkat? Nah kegusaran itulah yang mendasari diperlukannya sebuah perangkat untuk mengingkatkan efesiensi produktivitas. Jawabannya ada di iXpand Flash Drive ini. Berikutnya kita sebut iXpand saja.

Sudah diketahui bahwa Apple punya kabel lightning sebagai standar alat pertukaran data antara iDevice nya dan/dari ke PC secara manual. Cukup rempong sinkronisasi data dari dan ke hape menggunakan iTunes dibanding device Android yang cukup drag and drop, cengkiwing njuk cemplung. Akan bertambah ribet jika punya bbrp device yang menggunakan kabel mikro USB berbeda dibanding kabel lightning.

Catatan-catatan printilan atau kecil seperti nomer rekening memang lbh enak disimpan di Evernote krn bisa disingkron antara hp-komputer kantor-laptop di rumah/kos secara online. Tetapi untuk file-file office yg ukurannya cenderung lebih besar dibanding plain text terkadang bukan pilihan paling baik jika disimpan di cloud service macam google drive dan sebangsanya, mengingat koneksi internet di Indonesia blm sepenuhnya ngebut. Kadang ada beberapa blankspot yang bikin pesan teks whatsapp saja susah masuknya.

sandisk_ixpand_gen2.jpg

iXpand ini pada dasarnya flashdisk atau flashdrive biasa dengan tambahan colokan lightning. Termasuk kategori USB OTG (on the go).  Niat awal menggunakan aksesoris ini adalah agar file terkini yang sedang dihadapi bisa diakses dan dipindahkan dengan mudah antar 3 perangkat 3K (kantor-kampus-kos) yang saya sebutkan di atas tanpa kabel tanpa koneksi internet.

Sebenarnya banyak berbagai produk alternatif USB OTG di pasaran dgn berbagai kelebihan dan kekurangan,  tergantung kebutuhan. Dibuat khusus untuk memenuhi pengguna iDevice, inilah beberapa alasan saya menjatuhkan pilihan pada iXpand (gen 2) besutan Sandisk:

  1. Desain kompak dan minimalis dibanding iXpand generasi sblmnya.
  2. Memberi kesan bahwa file digital bisa “dipegang dan dipindahkan” secara fisik.
  3. Support slot USB 3.0 dan kecepatan baca tulis di atas 50MBps berdasarkan review di Gadget360.

Meski C-Net memberi penilaian “A good but flawed accessory for iPhone and iPad packrats” doakan kami bisa saling membersamai.

Field Report Battle of The Toys 2016

Pergi ke ajang Battle of The Toys 2016 berarti sudah siap untuk berderma kepada Bandai atau pabrikan lainnya. Sengaja saya balik Jakarta lebih awal untuk bisa ambil bagian dari acara ini. Tidak ada wishlist khusus yang saya bawa. Panitia menjadikan Kotaro Minami, tokoh Ksatria Baja Hitam (KBH), sebagai daya tarik. Kalau sampeyan generasi yang masa kecilnya hidup di era tahun 90-an tentu tidak asing lagi dengan serial ini. Meski sekarang sudah lebih berumur, doi tetep gantengs kok. Namun bukan kehadiran dia yang saya incar. Justru lapak-lapak J-stuffs yang lebih saya incar. Soundtrack pembuka Ksatria Baja Hitam yang menggema beberapa kali di gedung acara membuat semangat naik. Wajah boleh kul tapi teuteup ikut nyanyi menggumam dalam hati hehe. Temen setia Kotaro Minami, si Belalang Tempur nangkring dengan gagahnya di area pintu masuk. Coba kalo dipake buat narik gojek bisa nerjang banjir haha.

Item langka yang bertema KBH di antaranya adalah Hotwheels mobilnya Kotaro Minami, terus casing iphone yang mengadopsi bentuk sabuk kostumnya baja hitam. Sayang casenya hanya untuk 4s.

Yang lain standar sih, paling gundam, ironman, lego dan masih banyak lagi termasuk boardgames. Pas pulang nggondol bawa dua mecha dari serial Macross. Sweet regret huh. Mending nyesel beli apa nyesel gabeli? Haha emak-emak banget.

We never grow up, imagination is limitless, gratis pulak. (awas gan galeri di bawah ini bandwitch killer)

Lanjutkan membaca “Field Report Battle of The Toys 2016”

Manual vs Digital

Kita hidup pada era paperless. Catatan, foto, tulisan manual dll bisa diubah ke versi digitalnya. Tentu ada plus minusnya masing-masing. Mana yang terbaik, digital atau manual? tergantung kebutuhan kita sebenarnya. Namun ada satu hal yang bisa membantu kita untuk memutuskan, sentimental value, yaitu satu istilah seperti yang saya dapat dari cenel yucub kesukaan saya, Agung Hapsah. Dia ngomong english fluently, i like this guy haha. Mirip anaknya Sule tapi lebih kul. Ga baik sih buat kesehatan mentalku bahas lelaki haha.

sentimental value – the value of something to someone because of personal or emotional associations rather than material worth.

Jadi sudah tau kan sekarang alasan kita lebih mudah mengingat sesuatu? Dengan  melibatkan lebih dari satu indera.

Ashabul Kabin

magelang hujan. aroma tanah mulai beranjak sejak hujan melampiaskan rindunya pada bumi. halah preketek. hmmmfph snif-snif petrichor. beberapa menit sebelumnya adalah ketika mandi siang berasa disodorin ice bucket challenge. masih dingin. kayak hubungan yang ga pernah dirawat. plis deh fir cukup.
flashback. tiba-tiba saya dihadapkan pada aksi kejar-kejaran taksi ke bandara untuk mengejar jadwal takeoff pesawat. bakal telat nih, begitu perkiraanku sebelum mencapai bandara. sudah pasrah. yang penting sudah usaha. dan beneran sesuai prediksi saya ketinggalan pesawat. sama petugas tiketnya diminta beli tiket lagi. oke kusanggupin. sedikit keajaiban terjadi. dibantu petugas lainnya tanpa kuminta, saya bisa ikut penerbangan berikutnya tanpa harus beli tiket lagi. alhamdulillah bejo earned.
sesampai di kabin saya masih nyemilin ayam goreng sbg pengganti sarapan. habis kenyang terbitlah kantuk. zzzz.
samar-samar terdengar suara orang ngaji. pengen tidur lagi tapi gabisa. oh ada wanita ngaji dari arah belakang kursi. duh potensial banget nih meski saya gatau itu siapa. tumben banget ada momen seperti ini. ini bisa banget jadi tambahan referensi buat bumbu #theultimaterelationshipgoal. kuharap yang bisa menghantarkan dan membangunkan tidurku itu kamu. seperti kejadian itu. iya kamu, mblo.

hestek iblablablayoufromwhateverfeet

Call of Jailbreak

Sometimes I pin up my tweet (or retweet) from twitter in order to stay organized and easy to find out whenever i need the information again.

iOS is one of operating system that beautifully designed. As a product of human being, its not perfect at all. There are few minor weakness but so annoying. For example, why Apple never give us two slots sim-card in a phone, emm, like others cheap-china’s cellphone hahaha. So i gotta use two different divices for those two phone numbers. The challenging problem is how using two whatsapp in current iOS version. The answer is simple to say but.. let the jailbreak breaks that wall. I will not hold forth about that but the video below has increased my curiosity.

Tes Kepribadian MBTI

Salah satu cara untuk mengetahui kepribadian adalah menggunakan pendekatan Myers-Birggs Type Indicator (MBTI). Dari sejumlah pertanyaan mengarah pada 16 jenis kombinasi sifat-sifat tertentu. Apa dan bagaimananya bisa digoogling sendiri. Saya rasa hasilnya tidak bersifat melekat terus menerus pada individu yang bersangkutan, bisa berubah sewaktu-waktu mungkin tergantung mood ketika mengisi pertanyaan yang diajukan. Namun secara garis besar bolehlah untuk memberikan gambaran umum kepribadian kita.

Menurut wiki, 16 tipe kepribadian manusia tersebut didapat dari 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia:
1. Dimensi pemusatan perhatian: Introvert (I) vs Ekstrovert (E)
2. Dimensi memahami informasi dari luar : Sensing (S) – Intuition (N)
3. Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) – Feeling (F)
4. Dimensi pola hidup : Judging (J) – Perceiving (P)

Deskripsi tiap dimensi menurut fazzams.com adalah sebagai berikut:
Introvert (I) vs Ekstrovert (E)
Ini adalah perbedaan dalam memproses rangsangan dari luar (sosial). Ekstrovert selalu mencari rangsangan sosial. Energi mereka didapatkan dari interaksi sosial. Mereka akan cepat bosan jika sendirian. Sebaliknya, introver berkurang energinya jika berinteraksi sosial. Sehingga mereka hanya berinteraksi secukupnya. Energi para introvert didapatkan dengan refleksi, berpikir, berdiskusi empat mata, membaca, dan lain-lain.

Sensing (S) – Intuition (N)
S dan N adalah perbedaan dalam memproses informasi. Orang yang tipe sensing memproses informasi berdasarkan indranya. Mereka lebih mengutamakan fakta dan detail. Sebaliknya, orang yang bertipe intuitif menerima informasi secara berpola dan garis besar. Mereka cenderung mencari hubungan antar suatu fakta dibanding detail fakta sendiri.

Thinking (T) – Feeling (F)
Seperti namanya, orang bertipe thinking menganalisis dan mengambil keputusan berdasarkan otaknya. Mereka mempehitungkan semua termasuk kerugian dan keuntungannya. Sebaliknya, otang bertipe feeling memasukan perasaan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Judging (J) – Perceiving (P)
Orang bertipe judging adalah orang yang terorganisir. Jika mereka membuat goal, mereka membuatnya sangat detail. Tidak hanya detail, mereka akan patuh terhadap deadline yang telah mereka buat. Berbeda dengan perceiving. Mereka lebih fleksibel terkait cara meraih suatu goal. Judging lebih mementingkan masa depan dibanding sekarang. Sedangkan, Perceiving lebih mementingkan masa sekarang dibanding masa depan.

Tes MBTI ini dapat dilakukan secara online. Untuk yang berbahasa Indonesia saya mencoba di http://www.si-pedia.com/2014/03/tes-kepribadian-mbti-online-gratis-bahasa-indonesia. Hasilnya adalah saya termasuk tipe ISTJ (Introverted Sensing Thinking Judging) a.k.a The Duty Fulfillers (Pekerja Keras) dengan tagline Doing What Should be Done (pret lah ya hahaha). Di bawah ini ulasan lengkap karakter ISTJ masih menurut si-pedia. Lha kok malah mbahas diri sendiri. Ya suka-suka saya dong, kan saya yang punya blog hahaha. Bagi yang tidak kepo mending diskip saja hehe.

[ok] fimage-istj.jpgsgg.jpg

Gambaran Singkat ISTJ
Tenang, serius, meraih kesuksesannya dengan ketelitian dan kehandalannya dalam bekerja. Praktis, orienatsi pada fakta, realistis, dan bertanggung jawab. Memutuskan apa yang harus dilakukan dengan logis, dan bekerja dengan tekun pada satu hal, tanpa mempedulikan gangguan. Mereka merasa senang dengan segala sesuatu yang tertib dan teratur pada pekerjaan mereka, rumah mereka, dan kehidupan mereka. Memegang nilai-nilai tradisi dan loyalitas. Lanjutkan membaca “Tes Kepribadian MBTI”